Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Microsoft Word 2013 hadir dengan fitur menyimpan file atau dokumen ke format PDF seperti "adiknya" (Microsoft Word 2010). Dibalik kehadiran keduannya terdapat juga fitur-fitur lainnya yang belum bahkan tidak diketahui penggunanya, salah satunya adalah file yang kita simpan kedalam format PDF tersebut dapat kita proteksi dengan Password agar tidak dapat dibaca oleh orang lain.
Langkah awal pastinya sobat musti harus kudu menyiapkan file/dokumennya dulu (wajib berformat .DOC, .DOCX, .RTF, dan .TXT). Entah itu yang telah dibuat sebelumnya atau buat alias ngetik lagi yang baru.
Setelah selesai menyiapkan filenya, lalu sobat klik menu FILE (di sudut kiri atas) maka akan tampil jendela Info lalu klik Save As.
Kemudian tentukan file tersebut akan disimpan di drive atau folder mana. (Contoh pada gambar di bawah ini saya menyimpannya kedalam folder My Documents) Atau klik Browse untuk mencari tempat yang lainnya...... yang pasti didalam komputer kita, bukan di komputer orang lain ya Sob!
Setelah muncul jendela Save As, lalu Sobat beri nama file/dokumennya pada kolom File Name dan pilih PDF pada kolom Save as Type.
Nah loh, (masih di jendela Save As). Klik/centang pada kotak Open file after publishing agar file tersebut nantinya dibuka oleh si "pembacanya" alias software PDF Reader. Setelah itu klik Options di atasnya untuk membuka jendela Options.
Setelah muncul jendela Options lalu Sobat klik/centang pada kotak Encrypt the document with a password, lalu klik oke sehingga muncul (lagi) jendela Encript PDF Document. Silahkan masukan password sobat yang terdiri dari lebih dari 6 karakter namun kurang dari 32 karakter pada kolom Password => ulangi lagi passwordnya pada kolom Reenter password, lalu klik OK.
Laste Step. Klik SAVE ..... Selamat! Sobat telah Membuat File PDF yang Diproteksi Password menggunakan Microsoft Word 2013.
Semoga bermanfaat.
0 Response to "Cara Membuat File PDF yang Diproteksi Password menggunakan Microsoft Word 2013"
Posting Komentar